Tuesday, April 02, 2019

Tanda WhatsApp Kita Diblokir Mantan atau Teman


WhatsApp merupakan satu aplikasi pesan singkat yang banyak digemari karena  memiliki banyak fitur. Satu di antaranya fitur pemblokiran yang dapat dimanfaatkan untuk memblokir pesan atau nomor yang dirasa menganggu. Yang menarik dari fitur ini, pemblokiran nomor di WhatsApp terjadi diam-diam alias tidak ada notifikasi sama sekali.

Sehingga pengguna lain tidak tahu, kalau seseorang memblokir kontak kita atau tidak. Apalagi, bila kita diblokir, kita tetap masih bisa mengirim pesan pada yang bersangkutan. Berikut beberapa cara yang bisa kamu untuk mengidentifikasinya.

1.    Cobalah mengirim pesan
Untuk mencari tahu apakah diblokir atau tidak, cobalah mengirim pesan pada teman yang diduga memblokirmu. Bila langsung muncul tanda centang dua, artinya kamu tidak diblokir. Sementara bila sekian lama hanya centang satu, itu artinya ada kemungkinan kontakmu diblokir.

Kelemahan dari cara ini adalah, bisa saja si penerima sedang berada di daerah yang sinyalnya kurang baik sehingga membuat pesanmu masih centang satu. Pesan baru masuk alias centang dua bila ia berada di daerah dengan sinyal yang lebih baik.

2.    Perhatikan penanda waktu

Cara kedua, kamu bisa melihat penanda waktu alias time stamp yang biasanya muncul di bawah kontak. Pada kolom time stamp, biasanya muncul tulisan Last Online, lengkap dengan waktu kapan si pengguna aktif di WhatsApp.

Bila kamu diblokir, penanda waktu tersebut tidak akan bisa dilihat. Kelemahan dari cara ini, banyak dari kita yang menonaktifkan fitur Last Seen atau Last Online. Sehingga sekali pun kita tidak diblokir, kita tetap tidak tahu kapan si pengguna terakhir membuka WhatsApp.

3.    Cek foto profil
Cara selanjutnya, cobalah untuk melihat foto profilnya. Biasanya, pengguna yang diblokir tidak akan bisa melihat foto profil orang yang memblokirnya. Kolom foto akan berisi bingkai kosong. Indikator kedua, bila kamu yakin si pengguna mengunggah foto profil baru, tetapi kamu tidak bisa melihat perubahannya, kemungkinan kamu sudah diblokir.

4.    Cari status Banyak dari kita yang menambahkan informasi di pada kolom status pada profil dan kontak WhatsApp.
Nah, bila tidak ada status yang ditampilkan, seperti Online atau Available, ada kemungkinan kamu sudah diblokir.

5.    Telepon via WhatsApp

Call Cara terakhir, cobalah telepon menggunakan fitur WhatsApp Call. Bila teleponmu masuk ke nomor WhatsApp tujuan, bisa menjadi indikasi kamu tidak diblokir. Kelemahannya, baik diblokir maupun tidak, teleponmu masih bisa terhubung dengan nada sambung. Bila kamu sudah berulangkali menelepon dan tidak ada respon, artinya kamu sudah diblokir.

• Belum Banyak yang Tahu, Begini Cara Membaca Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus Teman Yang harus kamu ingat, satu indikator belum tentu jadi indikasi apakah kamu diblokir atau tidak.

Namun, bila cara 1 hingga 5 sudah kamu cek selama beberapa kali dan tidak ada perubahan, itu artinya kamu benar-benar diblokir. Selamat mencoba.