Tuesday, March 26, 2019

5 Tips Cara Meningkatkan Daya Ingat Bagi Kamu Sering Lupa


Setiap orang pernah sekali atau sering kebiasaan lupa akan sesuatu. Rasanya seperti bertambahnya usia, pikiran dan ingatan kita tidak berfungsi seperti dulu. Tetapi apakah itu benar, atau adakah cara untuk meningkatkan daya memori? Faktanya adalah bahwa aspek-aspek tertentu dari fungsi otak dan kemampuan memori tidak selalu terkait dengan bertambahnya usia. 
Pilihan gaya hidup dan apakah kita menerapkan teknik peningkatan memori dalam kehidupan kita sehari-hari berkontribusi pada kesehatan otak kita secara keseluruhan dan kemampuan kita untuk mengingat informasi baru dan lama. Jadi kami bertanya-tanya: Apakah mungkin untuk menangkal penurunan memori yang sepertinya sudah terjadi? Bagaimana kita dapat meningkatkan daya memori? 
Nah, kami menemukan 10 trik dan strategi mengasah pikiran yang dapat meningkatkan daya ingat:

1. Dapatkan Tidur yang cukup

Tidur adalah waktu kunci bagi otak untuk memperkuat hubungan antara neuron, sehingga membantu kita mengingat lebih banyak tugas kita. Aturan praktis: Dapatkan 7-8 jam tidur setiap hari termasuk tidur siang. Para ahli berpendapat bahwa jika  hanya melakukan satu hal untuk meningkatkan daya ingat , lebih banyak tidurlah yang seharusnya. Jika  sulit tidur cepat, minumlah secangkir susu hangat setengah jam sebelum tidur.
 2. Olah raga
Secara harfiah. Olahraga meningkatkan denyut jantung dan membuat darah mengalir ke otak , sehingga menjaga daya ingat tetap tajam. Berlari, berenang, bersepeda - segala bentuk olahraga - selama setidaknya 30 menit membantu memperbesar hippocampus, yang dianggap sebagai 'pusat memori otak'. 
Faktanya, aktivitas fisik yang membutuhkan koordinasi tangan-mata atau keterampilan motorik yang kompleks sangat bermanfaat untuk pembangunan otak. Jika kamu tidak punya waktu untuk latihan penuh, lakukan 10 menit berjalan kaki di sekitar blok dalam jadwal kamu atau beberapa jumping jacks. 
 3. Jangan Multitasking 
Ternyata, otak sebenarnya bukan multitask. Alih-alih, ia mengalihkan fokus dari satu hal ke hal lain, itulah sebabnya mengapa sulit untuk membaca buku dan mengadakan percakapan pada saat yang sama. Multitasking akan memperlambat, jadi buat titik untuk berkonsentrasi pada tugas yang ada. Ini penting. 
Penelitian menyarankan untuk mengatakannya dengan lantang: "Saya meninggalkan kunci saya di lemari", dll. Sehingga otak dapat memprosesnya. Otak  sebenarnya membutuhkan sekitar delapan detik untuk melakukan sepotong informasi ke memori.
 4. Gunakan Suplemen
Ashwagandha ,  dikenal karena meningkatkan daya ingat karena membantu mencegah kerusakan sel Ashwagandha dapat diambil dalam bentuk bubuk atau tablet. Ini juga meningkatkan fungsi memori otak seperti perhatian dan konsentrasi, sehingga membantu dengan gejala Parkinson, Alzheimer dan neurodegeneratif lainnya.
Minyak ikan, juga telah dikaitkan dengan mendorong pertumbuhan neuron dan menurunkan risiko demensia. Minyak ikan mengandung DHA, asam lemak omega-3 yang membantu meningkatkan daya ingat kamu.
 
5. Meditasi adalah Kunci 

Menurut sebuah studi tahun 2015 dari Pusat Pemetaan Otak UCLA, otak mulai menurun pada usia 20-an dan terus menurun baik dalam ukuran maupun volume. Bermeditasi secara teratur menunda penurunan kognitif dan mencegah penyakit neurodegeneratif seperti Demensia , Alzheimer, dan Parkinson. 
Meditasi menghasilkan muatan positif dalam materi kelabu otak yang lembur, yang penting untuk daya ingat, pembelajaran, dan kesadaran diri. Selain itu, meditasi telah terbukti mengurangi stres, yang dapat melakukan sejumlah ingatan.