Sunday, January 13, 2019

5 Cara Menumbuhkan Semangat Mengerjakan Skripsi


5 Cara Menumbuhkan Semangat Mengerjakan Skripsi | chanra730.blogspot.com
Meraih gelar akademik disemua jenjang pendidikan pada prinsipnya tidak berbeda jauh. Yang membedakan yaitu strata dan tingkat kedalaman ilmu yang dipelajari tetapi Yang pasti untuk mendapatkannya banyak perjuangan yang dibutuhkan, sebelum masuk final alias Meja Hijau, mahasiswa wajib membuat tugas akhir sebagai tujuan belajar dan pembelajaran di kampus

Untuk menjalani hal tersebut memang begitu banyak tantangan mulai dari kegiatan perkuliahan per semester tetapi pada saat mengerjakan tugas akhir.

Banyak hal yang harus dilawan, terutama diri sendiri, termasuk si ” pemalas” dalam diri sendiri. Tidak bisa dibayangkan kalau sampai gagal di tahap akhir hanya karena tidak bisa menguasai diri sendiri.

Di bawah merupakan 5 cara menumbuhkan semangat mengerjakan skripsi:

1. Berdoa

Berdoa memang simpel, tapi ampuh. Sebagai orang yang beriman kita wajib menyadari bahwa tidak ada satupun kesuksesan yang kita raih tanpa ada campur tangan dariSang Pencipta.

”Doa telah membuat setengah dari setiap pekerjaan kita selesai”. Karena itu ketika kita mulai mengerjakan tugas akhir awalilah dengan berdoa.

Dengan berdoa Anda akan dibuat terkejut, karena doa akan membuat Anda mampu bertemu dengan dosen yang super sibuk untuk konsultasi, doa akan membuat Anda mendapat bimbingan atau masukan dari teman kost atau senior

2. Tentukan Judul Dengan Realistis

Dalam menulis tugas akhir memang sangat diperlukan, tapi tentu saja kita juga harus meyakini bahwa judul/ konsep tugas akhir itu akan bisa diselesaikan dengan tepat waktu.

Anda harus melakukan perhitungan dengan cermat judul yang akan dijadikan tugas akhir, misalnya sampel/ populasi judul, usahakan tempat untuk mengambil data atau melakukan penelitian tidak terlalu jauh.

Pengorbanan waktu dan uang yang lebih, apalagi jika ada data yang kurang, tentu akan lebih repot lagi. Jadi tentukan dengan realistis.

3. Perbanyak Referensi

Namanya menulis tugas akhir tentu saja butuh banyak referensi. Jika dulu Anda malas ke perpustakaan sekaranglah waktu Anda untuk tidak bermalas-malasan, manfaatkan buku yang ada di perpustakaan kemudian sandingkan dengan data yang begitu banyak bertebaran di internet.

Usahakan mencari daftar pustaka yang paling terbaru. Bila perlu toko buku bekas juga bisa menjadi alternatif pilihan untuk mendapatkan buku referensi.

4. Semangat Temui Pembimbing

Menemui pembimbing memang bagi beberapa orang merupakan sesuatu yang membosankan, tapi untuk menyelesaikan tugas akhir Anda hilangkan jauh-jauh dari pikiran Anda bahwa bertemu dengan dosen pembimbing merupakan hal yang paling membosankan.

Secara administrasi akademik Anda wajib mendapat bimbingan atau persetujuan dari dosen pembimbing karena itu mau tidak mau Anda harus mau mematuhi semua ketentuan akademik termasuk di dalamnya bertemu dengan dosen pembimbing.

Saat bertemu dengan dosen pembimbing tentu memiliki banyak tantangan mulai dari jadwal yang padat sampai mungkin dosen pembimbing tidak menghafal siapa kita.

Karena itu buatlah setiap pertemuan dengan dosen pembimbing Anda menjadi berkesan supaya dosen pembimbing Anda langsung ingat siapa Anda.

Ajukan beberapa pertanyaan yang menarik perhatian Dosen untuk lebih “terbuka” dalam memberi masukan/ bimbingan. Jika ada hal yang belum dimengerti tanyakan kembali supaya semakin jelas.

5. Kuasai Materi Tugas Akhir

Menguasai isi dari tugas akhir merupakan salah satu syarat paling utama, bahkan sebaiknya Anda bisa mengingat/ menghafal setiap topik di tugas akhir Anda beserta lokasi halamannya (bila perlu), jadi kalau ada pertanyaan dari dosen penguji akan membantu untuk menjawab pertanyaan.

yang pasti ingatlah selalu dengan peran orang tua dan mutu pendidikan yang akan kita gapai dan perbanyaklah teman agar kita selalu ada yang mengingatkan dan memberikan motivasi di kala kita sedang jatuh atau tidak semangat dalam mengerjakan skripsi.

Demikian 5 cara menumbuhkan semangat mengerjakan skripsi semoga bemanfaat.