Monday, April 29, 2019

Cara Beradaptasi Mahasiswa Baru


Gelar mahasiswa merupakan impian bagi banyak siswa-siswi yang baru lulus SMA. Dunia baru yang ditawarkan perkuliahan menjadi sebuah hal yang terlihat menarik.

Tetapi, tidak semua semua mahasiswa baru punya kepercayaan diri yang tinggi, ada hal yang menjadi momok menakutkan sehingga beberapa mahasiswa baru cenderung menjadi tidak pandai bergaul di di dalam kampus.

Padahal untuk menjalani dunia kampus dengan baik, diperlukan kepercayaan diri dan lingkungan yang baik serta menyenangkan sehingga kamu bisa menjalankan berbagai aktivitas kampus.

Namun, kamu tak perlu khawatir. Tips berikut ini bisa membantu kamu untuk menjalani dunia kampus dengan menyenangkan:

1. Jadilah Orang yang Pandai Berteman Ketika baru masuk kuliah ada masa perkenalan kampus. Pada masa-masa ini kamu memang akan sedikit buat sulit oleh beberapa senior. Namun,  di sini juga senior secara tidak langsung akan memperkenalkan kamu dengan teman-teman baru dan lingkungan kampus. Jadi, jaga sikap dan pintarlah dalam memilih teman serta jangan takut karena sistem perploncoan sudah tidak bisa lagi dilakukan di kampus.

2. Perluas Lingkup Pertemanan Kamu Jika kamu sudah melewati masa ospek, jangan puas jika hanya mendapatkan teman grup atau teman yang pertama kamu jumpai. Coba untuk mencari pertemanan yang luas, mungkin seperti mencari teman senior atau dari mahasiswa yang beda jurusan. Ini sangat bermanfaat untuk memperbanyak relasi kamu ke depannya.

3. Jangan Terbawa Arus Dunia Kampus Dunia kampus terkenal dengan kebebasan tingkat tinggi. Keputusan dalam memilih langkah kamu diuji di sini. Jika sekali salah langkah dampaknya bisa mengganggu perkuliahan kamu. Maka, coba untuk memilih pergaulan selama berada di kampus, sortir mana yang bagus atau tidak untuk masa depan kamu.

4. Jadi Pribadi Yang lebih Irit Menjadi mahasiswa akan membuat kamu mengeluarkan banyak biaya selama masa perkuliahan. Maka dari itu, berhemat bisa menjadi pilihan agar kamu tetap bisa bertahan, terutama bagi kamu yang notabenenya adalah anak kos. Hidup irit itu perlu.

5. Jadi Pribadi Yang Lebih Mandiri Saat menjadi mahasiswa kamu juga dituntut untuk menjadi lebih mandiri karena kamu akan melakukan aktivitas harian sendiri. Apalagi jika kamu adalah mahasiswa baru, ini baik untuk menjadi mandiri sejak awal, jadi ketika menjadi mahasiswa tingkat akhir, kamu tidak kaget lagi jika di tuntut serba mandiri.

Itu beberapa cara beradaptasi mahasiswa baru yang bisa kamu lakukan di kampus.

Kamu akan merasakan suasana baru, lingkungan baru, teman baru dan banyak lagi. Jadi siapakan dirimu. Tapi tetap di ingat, kuliah bukan hanya tempat untuk mencari suasana baru, tapi juga mengharuskan kamu mempersiapkan masa depan kamu.