Wednesday, August 05, 2020

7 Tips untuk Membantu Anda Mengajar dari Rumah Selama Pandemi COVID-19

7 Tips Untuk Membantu Anda Mengajar dari Rumah Selama Pandemi COVID-19

Jangan Meniru Sekolah di Rumah

Beberapa orang khawatir bahwa sekolah di rumah tidak akan memberi anak-anak pendidikan yang sama dengan sekolah. Anda tidak perlu meniru sekolah di rumah, ini merupakan lingkungan belajar yang berbeda tetapi penting untuk mempertahankan rutinitas dan memungkinkan fleksibilitas.

Istirahat makan yang dijadwalkan itu penting, tidak hanya untuk anak-anak tetapi juga untuk Anda. Cobalah bernegosiasi dengan anak-anak Anda tentang apa tugas sekolah, apa yang harus diselesaikan dan apa yang paling mereka minati. Ingatlah bahwa satu jam terdiri dari tiga periode 20 menit - anak-anak seringkali hanya dapat fokus hingga 20 menit jadi pastikan untuk mengganti apa yang Anda lakukan atau menambahkan elemen baru ke dalam tugas.

Membalikkan Peran

Jika ini adalah hari pertama Anda sekolah di rumah untuk anak Anda, biarkan mereka menjadi guru untuk sementara waktu. Biarkan mereka menjelaskan semua yang telah mereka pelajari, memberi tahu Anda apa yang telah mereka dapat dari sekolah, di mana mereka sampai dan apa yang paling menarik bagi mereka. Ini dapat mengkonsolidasikan semua yang telah mereka pelajari dan bahkan membantu keterampilan mereka berbicara di depan umum.

Setelah setiap pelajaran mintalah mereka menjelaskan apa yang telah Anda pelajari bersama. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi informasi apa yang mereka simpan dan apa yang perlu Anda lakukan lagi dengan cara yang berbeda.

Kegiatan Praktek

Setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda, rentang perhatian yang berbeda, dan minat yang berbeda pula. Aktifitas langsung adalah cara yang bagus untuk mengganti metode pengajaran Anda sepanjang hari. Terlibatlah dengan mereka dan tunjukkan beberapa keterampilan hidup dasar seperti membuat makan siang dan makan malam.

Ajari mereka bagaimana merencanakan dan melaksanakan apa yang bisa mereka makan. Jika pekerjaan Anda membutuhkan pekerjaan langsung, tunjukkan pada mereka apa yang Anda lakukan dan bagaimana melakukannya. Sangat penting untuk menjadwalkan waktu itu untuk membakar energi, jadi istirahatlah di luar dan tendang bola, bermain dengan hewan peliharaan atau menari dengan Anda.

Sumber Daya Online

Banyak orang takut dampak teknologi pada anak-anak tetapi tidak ada alasan untuk mencegah pembelajaran aktif melalui metode ini. Sumber daya online adalah cara luar biasa untuk beristirahat sejenak saat mereka bekerja. Sebagian besar pembelajaran online menggunakan game untuk membantu dalam berhitung, melek huruf dan bahasa.

Teruslah Membaca

Membaca mungkin tampak seperti hobi santai, tetapi itu adalah instrumen mendasar dalam meningkatkan keterampilan membaca. Jika anak Anda sudah cukup untuk membaca sendiri, biarkan mereka memilih buku, beri mereka waktu satu jam membaca. Jika ini adalah film maka mereka juga akan beradaptasi dengan film itu, akan sangat bagus bagi mereka untuk membaca dan memahami cerita terlebih dahulu dan menindaklanjutinya isi dari film tersebut.

Hal Ini akan membantu mereka dalam memahami tentang buku dan bagaimana imajinasi mereka dibandingkan dengan film. Jika anak Anda lebih suka memilih buku dan membaca bersama Anda, Anda berdua bisa menikmatinya. Membaca sangat merupakan aktivitas yang tepat untuk pelarian, menikmati waktu yang dihabiskan bersama anak Anda dan tidak memikirkan peristiwa yang terjadi saat ini di lingkungan Anda.

Umpan balik sangat penting

Entah mereka di sekolah menengah atau sekolah dasar, orang-orang muda terbiasa mendapatkan umpan balik tentang pekerjaan mereka dan itu seharusnya tidak berbeda di rumah. Jika Anda menetapkan tugas kecil, pastikan Anda memberikan umpan balik dan bertanya tentang hal itu. Umpan balik Anda harus fokus pada upaya yang mereka lakukan dalam tugas mereka dan bukan pada tingka laku anak Anda.

Pertahankan cara umpan balik ini, karena akan membantu mereka memahami bahwa mereka masih belajar. Jika Anda tidak yakin tentang bagaimana perkembangannya, hubungi guru mereka.

Jangan Dibungkus Emosi

Situasi COVID-19 sangat mengubah dampak kehidupan orang tua dan anak-anak karena, gangguan terhadap rutinitas normal dapat merusak emosional siapa pun. Orang tua mengalami kesulitan keuangan sementara anak-anak kecil kehilangan pendidikan vital. Pmberlakuan jarak sosial berarti hilangnya teman dekat, guru, dan keluarga untuk saat ini.

Anak Anda mungkin bertindak atau berperilaku berbeda dari biasanya, keadaan emosi yang meningkat ini normal. Penting untuk dipahami bahwa hidup Anda telah terganggu, demikian pula kehidupan mereka. Biarkan mereka merasa kesal dan mencoba membangun ke arah di mana Anda dapat bekerja bersama untuk meningkatkan pembelajaran mereka.