SEJARAH
PT. Bank Negara Indonesia
(Persero) Tbk. adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam sejarah perkembangan
Indonesia. Sebagai bank nasional pertama yang berdiri sejak kemerdekaan
Indonesia di Proklamirkan, BNI telah mendedikasikan diri dalam perkembangan
perekonomian untuk kesejahteraan bangsa. BNI didirikan oleh Raden Mas (R.M)Margono Djojohadikusumo pada 5 Juli 1946 dan beliau menjadi direktur utama
pertama.
Raden Mas Margono Djojohadikusumo |
Sejarah 69 tahun BNI, merupakan rentetan panjang dari goresan tinta emas
yang tidak akan terlupakan. 5 Juli 2015 merupakan momentum yang sangat
membanggakan bukan hanya bagi BNI, tetapi seluruh elemen bangsa. Tahun 1949 BNI
sebagai bank nasional pertama yang dimiliki Indonesia sejak proklamasi
kemerdekaan ditunjuk untuk menjadi bank sentral, namun seiring waktu berjalan,
pada tahun 1950 BNI mengalami perubahan khususnya pada fungsi yaitu sebagai
bank pembangunan yang diberikan hak akses untuk melakukan transaksi luar negeri
sebagai bank devisa. Sebagai bank yang terus melakukan inovasi, BNI mengukir
prestasi pada tahun 1955 yaitu berhasil mendirikan kantor cabang BNI pertama di
Singapura. Perubahan yang terus dilakukan oleh BNI membuatnya berkembang begitu
pesat di tahun 60-an, buktinya adalah BNI menghadirkan beberapa jenis layanan
perbankan seperti Bank Keliling, Bank Terapung, Bank Bocah dan Bank Sarinah.
Dengan kehadiran beberapa layanan ini, BNI melebarkan jangkauan layanan sampai
di daerah pedalaman.
Gedung BNI '46 (Foto Tahun 1925) |
Bangunan Belanda yang dulunya bekas Kantor de Javasche Bank saat ini menjadi Gedung Bank BNI 46 Yogyakarta |
Kesuksesan yang diraih oleh BNI dilakukan semata-mata
untuk kepuasan para nasabah serta bentuk perhatian BNI terhadap kesejahteraan
semua elemen bangsa. Bentuk perhatian pemerintah terhadap kesuksesan BNI adalah
dengan mengeluarkan UU No. 17 Tahun 1968 yang menetapkan bahwa BNI sebagai bank
umum dengan nama Bank Negara Indonesia 1946 yang memiliki tugas memperbaiki
perekonomian masyarakat dan berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi secara
nasional. BNI merupakan salah satu lembaga perbankan milik pemerintah yang
telah berdiri cukup lama dengan memiliki asset diatas Rp. 100 Triliun. Sebagai
perusahaan yang menawarkan jasa, BNI telah mengambil bagian dalam proses
kemajuan bangsa Indonesia.
PRESTASI YANG TELAH DI RAIH
BNI ‘46
Prestasi
membanggakan yang telah diukir BNI’46 adalah berdirinya berbagai Anak
Perusahaan. Berikut ini adalah Daftar Anak Perusahaan yang dimiliki BNI
tersebut :
- BNI Remittance Limited - Hong Kong
- PT. Bina Usaha Indonesia
- PT. BNI Life
- PT. BNI Multi Finance
- PT. BNI Nomura Jafco Investment
- PT. BNI Nomura Jafco Manajemen Ventura
- PT. BNI Nomura Jafco Ventura Satu
- PT. BNI Securities
- PT. Pembiayaan Artha Negara
- PT. Sarana Bersama Pembiayaan Indonesia
- Bank BNI Syariah
- Bank Nusa Nasional (telah di-spin off pada 2009)
Sebagai
salah satu dari nasabah BNI, saya bangga menjadi bagian dari sebuah bank yang
memiliki prestasi yang luar biasa. Penghargaan yang telah diraih oleh BNI sejak
tahun 1946 hingga sekarang diantaranya :
- Meraih 2 medali emas untuk katagori Best Analys Contact Center dan Best Contact Center Support – HR serta medali perak untuk Best Customer Service in Mid- Size Inhouse dan Medali Perunggu untuk Best Help Desk dalam ajang Contact Center World tingkat dunia yang diselengarakan di Las Vegas, Amerika Serikat pada tanggal 10-15 November 2014.
- The Most Reliable Bank untuk kategori bank Konvensional dengan aset diatas Rp 100 triliun dari Tempo Group dan Indonesia Banking School (IBS), Jakarta, 17 Oktober 2014.
- Peringkat Atas Annual Report Award (ARA) 2014 bagi BNI sebagai BUMN Keuangan Listed dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan BNI untuk kategori Dana Pensiun, Jakarta, 16 Oktober 2014.
- The Best Local Cash Management Bank in Indonesia, The Best Local Cash Management Bank in Indonesia, The Best Overall Domestic Cash Management Service menurut polling, dan The Best Overall Cross Border Management Service dari Majalah Asia Money di Hong Kong, Kamis (25 September 2014).
- Gold Achievement OpexCon Award dalam acara Awarding Ceremony Best Project: Indonesia Best Continuous Improvement Project 2014 di Jakarta, Senin (19 September 2014).
- The Global 2000, The Worlds Largest Public Companies 2014 dari Majalah Forbes, Jakarta, Selasa (19 Agustus 2014).
- Most Admired Knowledge Enterprise (MAKE) dari Indonesia MAKE Study 2014, Jakarta, Rabu (16/7/2014).
- Emiten Terbaik Sektor Keuangan Bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dari Busnis Indonesia Award 2014, Jakarta, 24 Juni 2014.
- Tujuh penghargaan bergengsi dari 8 kategori kompetisi Contact Center World se-Asia Pacific di Singapura bagi BNI Contact Center Contact, 2-6 Juni 2014, 4 diantarnya memperoleh Peringkat Gold, yaitu Best Analyst, Best Contact Center Support Professional HR, Best Help Desk, dan Best in Costumer Service.
- Peringkat Kedua terbaik pada penghargaan Banking Service Excellence Monitor (BSEM) 2014. Sebuah ajang penghargaan yang diberikan oleh Marketing Research Indonesia (MRI) Jakarta, 13 Juni 2014.
- The Best Trade Finance Bank in Indonesia & The Leading Counterparty Bank in Indonesia dari The Asian Banker Transaction Banking Awards tahun 2013 dan 2014, Kuala Lumpur, 21 Mei 2014.
- The Best Emiten Sektor Perbankan dari Majalah Investor, Jakarta, 8 Mei 2014.
- Memperoleh Sertifikat Akreditasi A atau ISTIMEWA dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Jakarta, 5 Mei 2014. BNI menjadi bank pertama yang mendapatkan akreditasi tersebut.
- Best Cash Management Bank for Indonesia dalam Asia-Pacific Country Transaction Bank Awards dari The Corporate Treasurer 2013, Singapura, 2 April 2014.
- Indonesia Best Overall Corporate Governance, Indonesia Best for Disclosure & Transparency, Indonesia Best for Investor Relations, Indonesia Best for Shareholder's Right and Equitable Treatment, serta Indonesia Best for Responsibilities and Ethical Behaviour of Management and The Board of Director dari majalah Asiamoney Hongkong, 27 Februari 2014.
- Gatot M. Suwondo CEO PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk untuk kategori Most Inspirational CEO BUMN dari Mens Obsession Awards 2014 di Jakarta, 14 Februari 2014.
- The Best Remittances Provider of the Year in Southeast Asia lima tahun berturut-turut dan Best Cash Management Solution of The Year in Southeast Asia tiga tahun berturut-turut dari Alpha Southeast Asia Magazine, di Kualalumpur, 23 Januari 2014.
Pengalaman Bersama BNI
Sejak menjadi nasabah pada tahun 2013 hingga
saat ini, saya dimudahkan dalam proses transaksi. Saya menikmati pelayanan yang
ramah baik dari customer service, teller dan semua yang menjadi bagian di BNI
KCP Tomohon. Hal ini yang membuat saya tetap bertahan untuk menjadi nasabah di
BNI ‘46 hingga saat ini. Proses melakukan transaksi yang begitu cepat
memudahkan saya dalam usaha yang sementara saya jalani saat ini. Sebagai seorang
nasabah, tentu saya menaruh kepercayaan besar terhadap Bank Negara Indonesia
1946 serta tetap berharap bahwa BNI akan terus melakukan peningkatan baik dari
sisi prestasi serta pelayanan dalam usaha menghasilkan masyarakat yang
sejahtera. Semoga di momentum perayaan hari ulang tahun ke 69 ini, BNI dapat
melakukan terobosan-terobosan baru dalam melayani negeri untuk kabanggaan
Indonesia.
Referensi :
- http://www.bni.co.id/
- s://id.wikipedia.org/wiki/Margono_Djojohadikoesoemo
- Annual Report BNNI, 2014
- www.kaskus.co.id
- http://bisniskeuangan.kompas.com
Artikel ini diikutsertakan dalam lomba #69TahunBNI