Thursday, May 11, 2023

Ebook Kebijakan Pendidikan

Ebook Kebijakan Pendidikan


Pengertian Kebijakan

Kebijakan adalah terjemahan dari kata "policy" yang juga dapat ditemukan dalam bahasa Inggris, Latin, Yunani, dan Sansekerta. Policy adalah kata bahasa Inggris untuk kebijakan. Dalam Bahasa Latin: politeia artinya tindakan yang ditentukan oleh pemerintah (strategi yang ditentukan, dibuat, dan dilakukan oleh pemerintah, individu, kelompok, dan sebagainya) Dalam bahasa Yunani, polis yang berarti negara-kota. Pur berarti kota dalam bahasa Sansekerta. Dalam bahasa Inggris, “policie” berarti pengelolaan masalah atau kepentingan publik, serta memiliki arti administrasi pemerintahan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, kebijakan adalah kumpulan ide dan prinsip panduan yang berfungsi sebagai cetak biru dasar dan strategi untuk melaksanakan pekerjaan, kepemimpinan, dan perilaku. Menurut kamus Oxford Learner’s Dictionaries kebijakan adalah rencana tindakan yang telah disetujui atau dipilih oleh partai politik, bisnis dan lain-lain (Oxford, 2023)

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kebijakan adalah aturan tertulis yang menjadi dasar dalam melaksanakan, mengatur perilaku dengan maksud untuk membangun nilai-nilai baru dalam masyarakat, hal ini adalah keputusan organisasi yang formal dan mengikat.

Pengertian Kebijakan Pendidikan

Kebijakan adalah kegiatan politik yang sengaja dilakukan oleh organisasi, lembaga, dan lembaga pemerintah untuk memecahkan masalah dan mencapai keputusan yang sejalan dengan tujuan. Ini didasarkan pada tindakan bijaksana dan terarah (Risnawan, 2017). Setiap aspek kehidupan memiliki kebijakannya sendiri yang berfungsi sebagai panduan untuk aktivitas dan pembatasan perilaku untuk membuat hidup lebih jelas dan lebih fokus. Kebijakan pendidikan mengacu pada penerapan kebijakan pada sistem pendidikan.

Kebijakan pendidikan merupakan penilaian terhadap sistem nilai dan faktor kebutuhan situasional yang dioperasikan dalam suatu lembaga sebagai rencana umum untuk memandu pengambilan keputusan agar tujuan pendidikan yang diinginkan dapat tercapai (Disas, 2018). Melalui perumusan visi dan misi pendidikan, kebijakan pendidikan bertujuan untuk mencapai tujuan pendidikan pada waktu tertentu dengan merumuskan langkah dan tahapan dalam penyelenggaraan pendidikan (Fatkuroji, 2017).

Dapat disimpulkan bahwa kebijakan pendidikan adalah kebijakan yang berkenaan dengan bidang pendidikan dalam proses pengembangan visi dan misi bidang tersebut untuk mencapai tujuan pendidikan melalui langkah-langkah strategis penyelenggaraan pendidikan (Merentek dkk., 2023, hlm. 12–15)

Sumber:

Merentek, T. C., Lantang, D., Rotty, V. N. J., & Lumapow, H. R. (2023). Kebijakan Pendidikan. UKIT Press.

Dapatkan Ebook Disini